Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri Dengan 6 Langkah Mudah Ini

By | September 25, 2018

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri Dengan 6 Langkah Mudah Ini

Cara Mencegah Penularan Difteri – Penyakit difteri akhir-akhir ini merupakan penyakit yang sedang populer, akibat banyaknya masyarakat yang mengalami gangguan penyakit yang membahayakan nyawa dengan gejala utama terbentuknya membran berwarna kelabu (abu-abu) pada area tenggorokan yang berlapis lendir pekat, dengan disertai pembengkakan leher, sakit saat menelan, nafas sesak, dan suara ngorok ini.

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Ya, Penyakit difteri memang termasuk dalam kategori penyakit infeksi serius karena berpotensi mengancam jiwa penderitanya jika tidak dilakukan pengobatan secara cepat dan benar.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk waspada akan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium ini.

Karena efek fatalnya jika kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, bisa mengakibatkan komplikasi serius dan bahkan yang paling mengerikan, difteri yang tidak tertangani bisa merenggut nyawa penderitanya.

Terutama pada balita, anak-anak, atau lansia yang memliki sistem daya tahan tubuh rendah.

Apa hanya anak-anak dan balita yang terserang penyakit menular difteri?

Kabar buruknya, difteri tak hanya menyerang bayi, balita atau anak-anak saja. Tetapi orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga berpotensi terkena penyakit yang sangat menular ini.

Bahkan di Indonesia, tepatnya Jawa Barat sejak November 2017 kasus infeksi difteri mencapai 109 kasus dengan 13 orang di antaranya meninggal dunia.

Kementrian kesehatan pun telah menetapkan kasus ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Di tahun 2011-2016 pun, kejadian luar biasa untuk kasus difteri ini juga semakin tinggi karena tercatat 3.353 kasus difteri dilaporkan. Dan angka ini menempatkan negara kita ( Indonesia ) menjadi urutan ke 2 setelah India dengan jumlah kasus difteri terbanyak.

Meskipun begitu, penyakit difteri tergolong penyakit yang dapat dicegah.

Pencegahan Penularan Wabah Difteri

Ada sejumlah cara untuk mencegah tertular wabah difteri pada anak-anak atau pun orang dewasa, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Vaksinasi merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah difteri secara efektif. Vaksin yang dilakukan untuk mencegah difteri ini tergabung dalam vaksin DTP, yang meliputi difteri, tetanus, dan pertusis (batuk rejan).

Tetapi jika imuniasi vaksin DTP terlambat diberikan, imunisasi kejaran.

Dengan melakukan vaksinasi tersebut umumnya dapat melindungi anak terhadap serangan difteri seumur hidup.

2. Hindari kontak langsung dengan penderita difteri

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Seperti yang Anda ketahui, bahwa difteri tergolong penyakit yang sangat mudah menular, baik melalui udara atau kontak langsung dengan penderita difteri. Untuk itu, baiknya Anda tidak dekat-dekat dengan penderita agar tidak tertular bakteri/kuman yang dapat menyebabkan difteri.

3. Terapkan pola hidup sehat dan bersih

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Memastikan lingkungan sekitar dan menjaga tubuh tetap bersih, seperti halnya dengan rajin mencuci tangan sebelum makan, juga bisa menjadi langkah yang sangat mudah untuk mencegah terjangkitnya difteri.

4. Menggunakan masker

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Penggunaan masker, terutama bagi Anda yang kesehariannya lekat dengan penderita difteri dianjurkan menggunakan masker sebagai tameng untuk mencegah tertularnya difteri.

Terlebih jika di daerah Anda kini sudah masuk musim penghujan, baiknya gunakan masker ketika keluar rumah karena musim hujan identik dengan penularan virus yang cepat.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan seimbang

Para ahli merekomendasikan bahwa penderita penyakit difteri bisa mengonsumsi jus buah, susu, bawang putih, sayuran dan buah-buahan segar,untuk melindungi tubuh Anda dan keluarga dari serangan penyakit difteri.

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, daya tahan tubuh Anda akan meningkat serta tidak mudah terserang penyakit infeksi seperti halnya difteri ini.

Berbagai makanan pedas, mengandung minyak, lemak, serta alkohol juga baiknya dihentikan jika tidak ingin Anda ataupun keluarga mengidap penyakit berbahaya seperti difteri.

6. Memeriksakan kesehatan secara rutin

Terkadang, banyak orang yang merasa enggan untuk pergi memeriksakan kesehatan tubuhnya ke dokter. Entah itu karena memang tidak memiliki biaya atau mungkin karena takut dengan jarum suntik atau peralatan medis lainnya.

Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri

Hal ini tentu saja sebuah anggapan yang salah, karena dengan memeriksakan tubuh secara rutin dan teratur ke dokter atau pusat kesehatan terdekat, penyakit akan mudah terdeteksi dan kalaupun memang ditemukan difteri atau gejala penyakit lainnya, pengobatan akan lebih mudah dilakukan karena gejalanya diketahui sejak awal.

Demikianlah informasi seputar 6 cara efektif mencegah penularan wabah difteri pada balita, anak-anak, dewasa, maupun lansia.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikelnya sampai habis, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda meskipun hanya sedikit.


Rekomendasi Pengobatan:

QNC JELLY GAMAT ( QJU ) RONTOKKAN MEMBRAN PUTIH AKIBAT DIFTERI, MEMBUNUH BAKTERI PENYEBAB DIFTERI DAN TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Obat Untuk Mencegah Penularan Wabah Difteri

Posted by : Cara Mencegah Penularan Wabah Difteri Dengan 6 Langkah Mudah Ini on Obat tradisional kanker otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *