Efek Samping Pasca Operasi Kanker Otak

By | February 12, 2016

Efek Samping Pasca Operasi Kanker Otak – Setelah melakukan tindak operasi Anda belum dipastikan sembuh total, karena walaupun tumor/kanker sudah diangkat bila akar atau sel kanker masih tidak terangkat semua atau masih tersisa kemungkinan peluang kanker tumbuh lagi bisa terjadi.

Efek Samping Paca Operasi Kanker OtakBelum lagi efek samping yang ditimbulkan membuat tubuh terasa tidak enak akan datang pasca melakukan operasi.

Efek Samping Pasca Operasi Kanker Otak

Berikut ini hal yang dapat terjadi pasca operasi/pembedahan kanker otak, yakni :

Sakit kepala

Rasa tidak nyaman selama beberapa hari pertama setelah operasi bisa terjadi. Untuk menangani hal ini, pasien biasanya akan diberikan obat sakit kepala.

Edema

Masalah lain yang kurang umum dapat terjadi ialah menumpuknya cairan cerebrospinal di otak sehingga mengakibatkan pembengkakan otak (edema). Biasanya Anda akan diberikan steroid untuk meringankan pembengkakan.

Operasi kedua juga bisa jadi diperlukan untuk mengalirkan cairan. Dokter bedah dapat menempatkan sebuah tabung panjang dan tipis dalam bentrikel otak.

Tabung ini diletakkan dibawah kulit ke bagian lain dari tubuh, biasanya di perut. Kelebihan cairan dari otak ini dialirkan ke perut  dan kadang cairan juga dialirkan ke jantung sebagai gantinya.

Infeksi

Masalah lain yang dapat terjadi pasca operasi kanker otak adalah terjadinya infeksi, namun hal ini dapat diobati dengan menggunakan antibiotik.

Merusak jaringan normal

Anda mungkin akan memiliki masalah berfikir, melihat atau berbicara pasca operasi. Atau bahkan mengalami perubahan kepribadian atau kejang. Namun, sebagian besar masalah ini dapat berkurang dengan berlalunya waktu.

Untuk itu, Anda mungkin memerlukan terapi fisik, terapi bicara, atau terapi kerja untuk memulihkan kondisi Anda.

Efek Samping Kemoterapi

Sebagai pengetahuan saja, bahwa kemoterapi merupakan penggunaan salah satu atau lebih obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.

Kemoterapi diberikan secara oral atau dengan infus intravena ke seluruh tubuh. Obat-obatan ini biasanya diberikan dalam 2-4 siklus yang meliputi periode pengobatan dan periode pemulihan dengan biaya yang tentunya tidak murah.

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan setelah kemoterapi juga membuat tubuh tidak nyaman, seperti : mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, rambut rontok, sariawan dan masih banyak efek samping lainnya.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai apa efek samping yang ditimbulkan pasca operasi kanker otak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Posted by : Efek Samping Pasca Operasi Kanker Otak on obattradisionalkankerotak.stockistherbal.com

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *